Tips Belanja Online


Saat ini online shop begitu populer, beragam baranga dan jasa dapat ditawarkan melelui online shop ini. Dimulai dari amazon.com dana ebay sekarang online shop merambah ke Indonesia.

Keuntungan dari belanja via online adalah menghemat waktu, menghemat pengeluaran dan tentu saja banyak pilihan yang disediakan. tapi jangan salah, kalau kita tidak cermat bukannya untung malah buntung jika belanja via online.

Nah berikut tips untuk berbelanja di dunia maya:
1. Cermat dan hati-hati, baca dengan seksama semua aturan dalam online shop. Ada berbagai macam aturan yang berbeda disetiap online shop, misalnya saja untuk masalah refund dan retur ada online shop melayani tapi ada juga yang tidak. Jadi teliti sebelum membeli penting banget disini, jangan sampai spek yang kita mau berbeda dengan barang yang sudah sampai ditangan kita.
2. Hati-hati terhadap penipuan, berbelanjalah pada online shop yang terpercaya. Hal ini bisa ketahui melalui rekomendasi teman atau dari review dan testimoni buyer sebelumnya. Kalau banyak komplain lebih baik ga usah deh..
3. Jaga no kartu kredit, jangan pernah memberithu no maupun CCV kartu kredit kita. Salah-salah bisa digunakan oleh orang lain.
4. Ingat!! setiap merchant memiliki tingkat maksimum pembelian melalui kartu kredit, hati-hati jika terlalu banyak belanja di satu merchant pada hari yang sama dengan menggunakan kartu kredit yang sama, bisa-bisa transaksi kita ditolak..saya pernah mengalami sendiri.
5. Jangan salah menuliskan alamat pengiriman barang, jika salah pihak online shop tidak akan menanggung kerugian karena barang tidak sampai
6. Untuk barang-barang tertentu seperti elektronik dan barang riskan lainnya, ada baiknya diasuransikan, jadi bila kehilangan ataupun rusak maka bisa mendapatkan penggantian dari pihak asuransi
7. Pastikan memiliki no telpon, handphone atau email contact person dari online shop, jadi jika ada pertanyaan mengenai barang dan pengiriman dapat diatanyakan langsung ke online shop-nya.
8. Jangan lupa berikan no telpon, handphone atau email kita agar gampang dihubungi oleh pihak online shop, mengenai barang dan konfirmasi lainnya
9. Selalu meminta no resi dari jasa pengiriman yang dipergunakan oleh pihak online shop, jadi kita juga bisa memantau 'perjalanan' barang pesanan kita

Semoga tips diatas bermanfaat ya...

0 Response to "Tips Belanja Online"

Post a Comment